KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENGELOLA INTERAKSI KELAS PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas 6 SD Negeri 1 Barangka pada bulan April hingga Mei 2022. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kompetensi aspek pedagogik guru dalam pengelolaan kelas saat proses pembelajaran (membuka, menyajikan, dan menutup) bahasa Indonesia di kelas 6 SD Negeri 1 Barangka. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara. Penelitian deskriptif ini menunjukkan kompetensi guru saat membuka pembelajaran memiliki kualitas baik, aspek menyajikan materi pembelajaran memiliki kualitas sangat baik, dan aspek menutup pembelajaran memiliki kualitas kurang baik. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan kualitas kompetensi guru saat mengelola interaksi kelas pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas 6 SD Negeri 1 Barangka pada aspek yang diteliti mencapai kualitas baik.
Kata kunci: kompetensi, pedagogik, interaksi, pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman. 1992. Pengelolaan Pengajaran. Ujung Pandang: Bintang Selamat.
Arikunto, Suharsimi. 1992. Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta: CV. Rajawali.
Aslidar. 2014. Hubungan Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional dengan Mutu Pendidikan (Studi pada Guru SDN di Kecamatan Wonggeduku Kabupaten Konawe. Tesis. Kendari. Universitas Halu Oleo.
Baan, Adriana Bullu. 2012. The Development of Physical Education Teacher Professional Standart Competency. Journal Physical Education and Sports. UniversitasNegerisemarang.
Badudu, J.S. 1994. Pelik-Pelik Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Prima.
Bolla, J.J. 1985. Keterampilan Mengelola Kelas. Jakarta: Proyek Pembangunan PendidikanTenagaKependidikan.
Dasim, Sarwani M. 2012. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Nasional: Universitas Pendidikan Indonesia.
Dedi, Supriyadi. 1999. MengangkatCitradanMartabat Guru. Yogyakarta: AdicitaKarya Nusa.
Djuarsa, Ichwan. 2010. Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru IPS SMAN di Kota Kendari. Tesis. Kendari: Universitas Halu Oleo.
Haerun. 1997. Prinsip-Prinsip Pelaksanaan Kegiatan Belajar-Mengajar. Kendari: Universitas Halu Oleo.
Hasibuan, J.J. dan Mujiono. 1985. Proses Belajar Mengajar (Keterampilan Dasar Pembelajaran Mikro). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hasibuan, J.J. dkk. 1994. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Irwantoro, Nurdan Yusuf Suryana. 2016. Kompetensi Pedagogik (Untuk Peningkatan Kinerja Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum Nasional). Surabaya. Genta Group Production.
Kardi. 2000. Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan. Surabaya: Al Ihklas.
Kriek, Jeanne dan Grayson, Diane. A Holistic Professional Development Model for South Africa Physical Science Teachers. South Africa Journal Of Education. Vol. 29: 185-203.
Katz, Leanna. 2014. Teachers’ Reflections on Critical Pedagogy in the Classroom. McMaster University (Leannakatz@hotmail.com)
Masse, 2014. Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SDN di Kecamatan Rumbia Kabupaten Bombana.Tesis. Kendari :Universitas Halu Oleo.
Mister, David. H. 1997. True Professionalism. New York USA: The Free Press.
Modul Guru Pembelajar. 2016. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nawawi, Hadari. 1985. Organisasi Kelas dan Pengelolaan Kelas. Jakarta: PT. GunungAgung.
Qadri, Saiful. 2015. Pengaruh Kompetensi Guru dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SMA di Kecamatan Unaaha Kabupaten Konawe.Tesis. Kendari: Universitas Halu Oleo.
Rachman, Abdul. 2005. Mengelola Interaksi Kelas dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas 6 SD Negeri 9 Kendari.Tesis:tidak diterbitkan. Makassar: PPS UNM.
Sapani, Suardi. Dkk. 1997. Teori Pembelajaran Bahasa. Jakarta: Depdikbud.
Suardi. 2003. Korelasi Kemampuan Berbicara dengan Menulis Hasil Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Siswa Kelas 1 SMU Negeri 3 Kota Makassar.Tesis:tidak diterbitkan. Makassar: PPS UNM.
Suciu, Andrea Irina. 2014. Pedagogical Competences. The Key of Efficient Education. University of Bacau.
Syafi’ie, Imam. 1994. Pengajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Kurikulum Bahasa Indonesia 1994. (Makalah). Malang: PGKSD IKIP Malang.
Usman, Uzer. 2002. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: RemajaRosdakarya.
Wijaya, C. 1991. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar-Mengajar. Bandung: PT. RemajaRosdakarya.
Yasin, Ahmad Fatah. 2011. Pengembangan KompetensiPedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah (StudiKasus di MIN 1 Malang). Jurnal Nasional El-Qudwah Volume 1 Nomor 5. Universitas Islam NegeriMaulana Malik Ibrahim: Malang.
DOI: https://doi.org/10.1234/jses.v3i1.44
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jafarudin Jafarudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing:
Orginized by Fakultas Keguran dan Ilmu Pendidikan, Unsultra
Published by Prodi PGSD FKIP Unsultra
Jl. Kapt. Piere Tendean No.109A, Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93563, Indonesia Email:jurnalelementaryschool@gmail.com, HP.082393846967